Resep Es Krim Sehat Bikinan Sendiri

Membuat es krim tanpa mesin khusus - resep rumahan es krim sehat dan lezat

es krim buatan sendiri

Anda penyuka es krim? Anak anda suka es krim? Pernah berniat membuat es krim sendiri? Kami berbagi resep es krim yang bisa anda buat sendiri di rumah. Tentu saja dengan membuat es krim sendiri, kebersihan, kualitas bahan, dan kelezatannya akan lebih sesuai dengan selera anda beserta keluarga.

Es krim adalah sebuah makanan beku dibuat dari produk susu seperti krim (atau sejenisnya), digabungkan dengan perasa dan pemanis. Campuran ini didinginkan dengan mengaduk sambil mengurangi suhunya untuk mencegah pembentukan kristal es besar. Tradisionalnya, suhu dikurangi dengan menaruh campuran es krim ke sebuah wadah dimasukkan ke dalam campuran es pecah dan garam. Garam membuat air cair dapat berada di bawah titik beku air murni, membuat wadah tersebut mendapat sentuhan merata dengan air dan es tersebut. ~wikipedia

Resep Cara Membuat Es Krim Sendiri ini ditujukan bagi pemula yang dalam prakteknya nanti akan dapat membuat es krim tanpa mesin pembuat es krim yang khusus bagi para profesional. Menarik bukan? Membuat Es Krim tanpa mesin dan anda sendiri yang membuatnya! Mari kita lihat bahan dan langkah pengerjaannya.

Kisaran waktu pembuatan
masak : 45 menit
freezer : 1 jam
Total waktu : 1 jam 45 menit

Bahan

  • 4 gelas susu cair
  • 2 kaleng susu putih cair
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • 2 butir putih telur
  • 1 sendok teh vanili
  • 2 sendok makan gula pasir
  • Bahan campuran lain disesuaikan dengan selera (misalnya durian, stroberi, durian, tape, cokelat, dan sebagainya)

Cara Memasak

  1. Adonan I: Campurkan gula, putih telur, dan vanili dalam sebuah wadah ukuran sedang, kocok dengan tangan atau bisa dengan mixer hingga berwarna putih.
  2. Adonan II: Susu cair dan 2 kaleng susu putih cair dipanaskan dalam panci sambil terus diaduk lalu campurkan tepung maizena yang telah dicairkan dan diaduk rata.
  3. Masukkan adonan I ke dalam adonan II, tetaplah terus mengsambil tetap diaduk hingga mendidih.
  4. Setelah campuran adonan tersebut mendidih, angkat dan dinginkan. Selama menunggu dingin, adonan tetap diaduk agar tidak menggumpal.
  5. Setelah adonan dirasa cukup dingin barulah anda masukan bahan campuran sesuai pilihan Anda.
  6. Selanjutnya masukan ke dalam freezer sekitar 1 jam.

Cara Menyajikan

Demikianlah Resep Es Krim tanpa mesin telah selesai anda buat. Setelah dibekukan anda dapat menyajikan sesuai dengan kreasi Anda. Bentuk es krim goreng misalnya akan menarik untuk disajikan. Atau anda pun dapat memberi topping taburan meises warna-warni, parutan coklat, atau stroberi. Selamat mencoba!

Just an ordinary hijaber. A freelance blogger

Mari Berbagi

artikel terkait

Sebelumnya
Selanjutnya »